Petite Historie



Kita hari ini ialah hasil akumulasi usaha, doa, kerja keras, dan pertarungan di masa lalu. Hasil-hasil yang kita peroleh di setiap epoch merupakan pelajaran berharga dan juga penentu arah angin di masa depan. Cerita tentang pergulatan ide, perjuangan menembus stagnasi, pertarungan hidup, dan kolaborasi akan membentuk identitas hidup seseorang.

Sejarah perlu dilukiskan dengan kejernihan pikiran, ketulusan hati,  kemampuan menerka masa depan, dan kematangan sikap. Kita tak perlu menjadi orang lain untuk mengukir sejarah, karena setiap orang punya kanvas sejarah yang berbeda. Mari berjuang di zona waktu masing-masing. Lihat kanan kiri memang penting, tapi melihat ke depan jauh lebih penting. Seberapa sukses atau gagalnya kita di masa kini bukan jadi persoalan yang patut di banggakan atau diratapi berkepanjangan. Jalan kehidupan masih  terjal membentang yang menuntut kita untuk merangkak, berlari maraton, melompat, dan menyelam. 


Kelak, jika kita sudah berada di depan garis finish kehidupan, akan ada masa dimana kita akan mengenang perjalanan panjang melelahkan. Hanya ada dua pilihan: kebahagiaan atau penyesalan. Jadi petite historie yang bagaimana yang akan kita kenang?

Comments