Misunderstanding




Waktu itu arloji menunjukkan pukul 07.53, cuaca di luar tidak mendung dan mentari nampak timbul dengan malu-malu dari ufuk timur. Saya melakukan rutinitas seperti biasa, membuat sereal untuk sarapan di pantry dan melihat beberapa pesan yang masuk dari grup di gawai. Ada satu pesan dari nomor tak dikenal yang membuat saya tersentak  kaget. Isi pesan ini sangat kasar buat saya.
"7/26, 8:18 AM] ‪+xx xxx-xxxx-xx24:Inget bang ngerjain orang nanti dpt balasannya sy doain mdh2an cepet sadar klo gk sadar cepet mati aja"
Astaghfirullah, saya refleks, cepat-cepat saya berpikir apa yang telah saya perbuat? Dari gelagatnya pasti ini berkaitan dengan go-ride yang tadi saya order menggunakan aplikasi. Memang sebelum berangkat tadi, aplikasi gojek sempat error, mungkin karena peak time, sehingga aplikasi berjalan sangat lambat dan menunjukkan keanehan dalam pemilihan driver.  Sekitar 10 menitan saya berpikir, saya coba beranikan untuk membalas pesan si bapak dengan sesopan mungkin: 
7/26, 8:30 AM] saya: Ngerjain gimana pak?  
[7/26, 8:31 AM] saya: Maaf ini tadi aplikasi gojek nya error' 
[7/26, 8:33 AM] saya: Saya tidak pernah ngerjain orang pak, saya punya Allah, dan ngerjain orang itu dosa 
[7/26, 8:34 AM] saya: Maksud bapak saya ngerjain bapak bagaimana ? 
[7/26, 8:47 AM] saya: Pak. Saya tadi memang order, nah saya dapat driver yang lain, terus kenapa bapak yang marah ke saya? Tadi memang aplikasi gojeknya sempet agak error. Saya juga tidak tau kenapa.
Ting tong, pukul 16.43 WIB pesan saya dibaca, tapi si bapak tidak meresponnya sama sekali. Saya sebenarnya sudah keki, namun hati kecil berkata lain. Saya harus menuntaskan kesalahpahaman ini. Saya kembali menulis di gawai:
[7/26, 4:43 PM] saya: Pak saya masih kepikiran sampai sekarang. Saya sudah cek di history transaksi gojek dan ternyata saya tidak melakukan kesalahan (order dua kali) dan sudah sesuai dengan gojek yang tadi mengantarkan saya ke kantor. Jadi kesimpulannya memang benar sistem gojek yang error. 
[7/26, 4:43 PM] saya: Semoga Allah lancarkan rizkinya ya pak.
Saya tidak berharap si bapak membalas pesan, setidaknya  saya sudah berusaha menjelaskan agar si bapak tidak salah paham, yang penting Allah maha tahu apa yang dikerjakan makhluknya, itu sudah cukup. Qadarullah, selepas dari masjid, pukul 19.45 ada balasan masuk. Si bapak membalas:
[7/26, 7:45 PM] ‪+xx xxx-xxxx-xx24‬: Ok terima kasih 
[7/26, 7:45 PM] ‪+xx xxx-xxxx-xx24: Aamiiin
Ah, lega juga akhirnya. Ada senyum tipis merekah. Walau sebenarnya saya tidak punya kewajiban untuk memberikan penjelasan panjang ke si bapak. Tapi saya sadar, saya ini cuma manusia biasa, yang ngajinya juga ngga bagus-bagus amat, ibadahnya masih gitu-gitu aja, infaknya masih medit, hapalannya apalagi. Maka, saya ingin menambal-sulam itu dengan hal-hal kecil yang mudah-mudahan dengan saya berbuat baik ke orang, saya dimudahkan urusannya oleh Allah. Saya juga ingin si bapak dapat pelajaran baik, engga pengen si bapak dituntut  oleh Allah gara-gara ngatain saya dengan kata-kata yang kurang baik. Kita selesaikan di dunia urusan-urusan yang bisa diselesaikan di dunia, biar Allah ngga mempersulit hisab kita. Credit foto: Paul Dreisbach

Comments